Hari ke-3: Semua Institusi Pembelajaran/Guru/Administrator
Ini merupakan salah satu dari tujuh fokus utama yang kami anjurkan anda doakan setiap hari. Sekali lagi, seperti halnya enam fokus lainnya yang memulai pedoman bulanan ini, hari ini kami akan mengambil waktu ekstra untuk berdoa lebih mendalam untuk fokus pendidikan. Ini meliputi segala tingkat pendidikan, dari anak-anak kecil di sekolah dasar, hingga pendidikan lebih lanjut, termasuk perguruan tinggi dan mahasiswa universitas. Doakan untuk kebangunan rohani diantara pelajar dari segala usia serta guru-guru mereka. Jika mungkin doakan dengan "menyebut nama" para pelajar dan guru yang anda kenal. Doakan juga agar prinsip-prinsip yang saleh masuk dalam kurikulum yang diajarkan pada segala tingkat pendidikan.
Biasanya bidang pendidikan berkaitan dengan pengetahuan ke otak tetapi hikmat yang merupakan Karunia Roh adalah hal yang penting :
Perenungan tentang Hikmat (Karunia Roh)-Otak(Fungsi anggota tubuh)-Mahkota (Perhiasannya)
Untuk memulai, mendapat dan mengasah hikmat:
Yang mendapat karunia hikmat yang sangat menonjol dalam Alkitab adalah raja Salomo. Jadi bagaimana kita bisa memahirkan hikmat maka kita baca dan renungkan tentang raja Salomo, dan kitabnya yaitu Amsal dan Pengkhotbah.
Biasanya bidang pendidikan berkaitan dengan pengetahuan ke otak tetapi hikmat yang merupakan Karunia Roh adalah hal yang penting :
Perenungan tentang Hikmat (Karunia Roh)-Otak(Fungsi anggota tubuh)-Mahkota (Perhiasannya)
(Sumber goldenlampministry.blogspot.com)
Karena karunia berhubungan dengan
tubuh, maka dalam pengembangan karunia, sama seperti perkembangan tubuh kita. Saat
kita bayi, kita memiliki secara sempurna anggota tubuh kita. Namun semua
anggota tubuh kita belum bisa digunakan secara maksimal. Penggunaan anggota
tubuh kita semakin hari semakin maksimal seiring dengan pertumbuhan kita.
Khususnya seiring dengan perkembangan otak kita. Perbedaan dalam menggunakan
mata sesuai dengan usia. Contoh: anak yang berusia 5 tahun, dengan orang yang
berusia 20 tahun, yang memiliki mata yang baik, sama-sama melihat satu benda
yang sama, namun tanggapannya berbeda seiring dengan usia mereka. Tangan, kaki,
telinga, mulut, dan anggota tubuh lain dari anak yang berusia 5 tahun, berbeda
kekuatannya, besarnya, kecekatannya dengan tangan, kaki, dan anggota tubuh
lainnya dari orang yang berusia 20 tahun. Tetapi di antara orang yang sama-sama
berusia 20 tahun namun yang satu kurang pintar dan satu genius, akan memiliki
tanggapan yang berbeda juga. Ini karena otaknya yang membedakan. Demikian juga
dalam karunia Roh. Otak atau karunia hikmat sangat penting. Hikmat adalah
karunia pemimpin. Jadi cepat berkembangnya dan semakin mahirnya karunia yang
lain tergantung dari karunia hikmatnya.
Beberapa contoh fungsi Hikmat, seperti halnya sebuah otak:
Mengkoordinir anggota/karunia
lainnya
Mengatur strategi perang (Ams 20:18)
Mengartikan apa yang dilihat oleh
karunia penglihatan, apakah berupa teka-teki atau yang lainnya dan memahirkan
karunia lainnya (Kej 40:16; Dan 2:41,43, 1Raj 10:3-7)
Memberi jalan keluar dari semua
masalah (seperti raja Salomo 1Raj 3:16-28)
Lebih dahulu menerima rangsangan
dari anggota tubuh lainnya, khususnya penglihatan, baru mengambil inisiatif dan
tindakan yang tepat, cepat dan efesien
Lebih banyak membaca firman dan
merenungkan (Mzm 19:8; 119:97-100)
Membangun rumah rohani (bait suci)
(Ams 9:1)
Menata pelayan-pelayan Tuhan (1Raj
10:4-5); dlsb
Untuk memulai, mendapat dan mengasah hikmat:
Takut akan TUHAN awal mendapat
hikmat Mzm 111:10, KRISTUS yang disalib adalah sumber hikmat (1Kor 1:18-)
Rela menerima tongkat didikan Ams
29:15
Berpenampilan orang kecil Luk 10:21
Berpenampilan orang kecil Luk 10:21
Sikap murni, dan suka berdamai Yak
3:17
Yang mendapat karunia hikmat yang sangat menonjol dalam Alkitab adalah raja Salomo. Jadi bagaimana kita bisa memahirkan hikmat maka kita baca dan renungkan tentang raja Salomo, dan kitabnya yaitu Amsal dan Pengkhotbah.
Berdoa agar anak-anak/siswa/mahasiswa di Banjarmasin bukan hanya pintar tapi berhikmat.
Berdoa agar Dana Pendidikan yang besar dari APBN tidak diselewengkan oleh kebijakan Politik.
Berdoa agar tidak terjadi "Korupsi" "Kolusi" & "Nepotisme" di dunia pendidikan di Banjarmasin.
Berdoa agar pejabat di dunia Pendidikan tidak terhipnotis dan melakukan penyimpangan dalam Departemen dan Dinas Pendidikan di Banjarmasin untuk anggaran yang semestinya tidak perlu dikeluarkan.
Berdoa agar mutu pendidikan di Banjarmasin meningkat.
Beroa agar terjadi Kebangunan Rohani di kalangan pelajar, mahasiswa dan dunia pendidikan di Banjarmasin.
AYAT JANJI HARI INI
Amsal 1:5-9
Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan. Untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak.
Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.
Pengkhotbah 12:9-14
Selain Pengkhotbah berhikmat, ia mengajarkan juga kepada umat itu pengetahuan. Ia menimbang, menguji dan menyusun banyak amsal.
Pengkhotbah berusaha mendapat kata-kata yang menyenangkan dan menulis kata-kata kebenaran secara jujur
Kata-kata orang berhikmat seperti kusa dan kumpulan-kumpulannya seperti paku-paku yang tertancap, diberikan oleh satu gembala.
Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak buku tak akan ada akhirnya, dan banyak belajar melelahkan badan.
Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan
berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban
setiap orang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar